Rabu, 24 Oktober 2012

ILMU ALAMIAH DASAR


Dampak Perkembangan IPTEK Terhadap Kehidupan dan Kelangsungan Hidup Manusia

Mata Kuliah : ILMU ALMIAH DASAR



The Learning University

Disusun oleh:
Kelompok : IX
Amalia Dewi                (110312419024)/2011
Ruly Rohmawati          (110312419015)/2011
Nugraheni Novitasari   (110312419011)/2011


UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
JURUSAN MATEMATIKA
MALANG, 6 SEPTEMBER 2011
2011



PENDAHULUAN
Latar Belakang
Tujuan: memahami permasalahan sumber daya alam dan pengelolahannya sebagai pengetahuan dalam rangka peningkatan kualitas penduduk sebagai pengembangan sumberdaya  pembangunan.
Teknologi sudah ada dan digunakan manusia sejak dulu. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman, lebih mudah, dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang sedang dihadapinya.
Kemajuan ilmu dan teknologi yang semula bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, ternyata juga menimbulkan keresahan dan ketakutan baru bagi kehidupan manusia. Ketakutan yang dirasakan oleh manusia akibat perkembangan teknologi ini disebabkan adanya kekhawatiran akan dampak penyalahgunaannya oleh orang yang tidak bertanggung jawaab.
Dampak dari perkembangan IPTEK ini terjadi pada beberapa bidang, diantaranya:
1.      Bidang Informasi dan komunikasi
2.      Bidang Ekonomi dan Industri
3.      Bidang Sosial dan Budaya
4.      Pengaruh terhadap pemanasan global



PEMBAHASAN
1. Bidang Informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat.
Dampak positifnya, antara lain:
a.         Informasi yang akurat dan terbaru akan lebih cepat diperoleh melalui internet
b.         Komunikasi akan lebih efisien hanya dengan menggunakan handphone
c.         Kita akan mendapatkan layanan Bank dengan mudah
d.         Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
a.         Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
b.         Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
c.         Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam.
d.         Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.
2.   Bidang Ekonomi dan Industri
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan dampak positifnya, antara lain:
1.         Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2.         Terjadinya industrialisasi
3.         Produktifitas dunia industri semakin meningkat
4.         Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki
5.         Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran  menjadi komoditi
Walaupun demikian ada pula dampak negatifnya, antara lain:
1.         terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai  dengan yang dibutuhkan
2.         Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”. 


3.   Bidang Sosial dan Budaya
Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat bahwa:
1.      Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
2.      Meningkatnya rasa percaya diri.
Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri  sebagai suatu  bangsa  akan  semakin  kokoh.  Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
3.      Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras 

Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatif pada aspek budaya:
1.         Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
2.         Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3.         Pola interaksi antar manusia yang berubah.
Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang mengh`biskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
4. Pengaruh terhadap pemanasan global
Pengertian dari pemanasan global itu sendiri adalah meningkatnya temperatur rata-rata bumi sebagai akibat dari akumulasi panas di atmosfer yang disebabkan oleh Efek Rumah Kaca. Panas dari bumi yang seharusnya dipantulkan lagi ke angkasa, tertahan oleh gas-gas rumah kaca yang terkandung dalam atmosfer. Gastersebut antara lain adalah karbon dioksida dan metana.
Faktor utama penyebab makin meningkatnya gas-gas tersebut adalah perkembangan teknologi yang tidak ramah lingkungan. Kebutuhan manusia terus bertambah. Untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut dengan cepat dan efesien, dibutuhkan industri-industri besar. Memang hasilnya bagi manusia sangat menguntungkan, tapi limbah hasil keluaran pabrik itu yang sangat tidak berpihak pada alam. Air, Udara, dan tanah akan tercemar jika tidak ditangani dengan sistem penanggulangan yang berwawasan lingkungan. Meningkatnya jumlah kendaraan berbahan bakar fosil juga akan ikut mempercepat pemanasan global. Asap hasil emisi kendaraan bermotor yang tidak sempurna mengandung karbon dioksida dan karbon monoksida. Dua jenis material tersebut tidak sanggup diserap seluruhnya oleh tumbuhan yang jumlahnya semakin berkurang.

Perkembangan IPTEK juga berpengaruh terhadap terjadinya peristiwa global warming.

Secara tidak langsung yaitu dapat merusak lingkungan yang akan mengganggu pemenuhan kebutuhan manusia. Secara langsung yaitu dengan suhu yang terasa semakin panas dapat mengganggu kesehatan manusia. Pemanasan global memang tidak bisa dicegah, Tapi hal tersebut masih bisa diperlamban. Mulai dengan pengembangan teknologi yang berwawasan lingkungan dan menjalankan prinsip daur ulang, menggunakan kembali barang yang masih bisa dipakai, dan mengurangi penggunaan SDA yang tidak perlu.


KESIMPULAN 
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi sangat diperlukan, namun ada norma-norma tertentu agar kemajuan IPTEK ini tidak disalah gunakan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi, masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam masa tarakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.            
Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar